Skip to main content

Cara Mengatur Keuangan Agar Tidak Boros

By: Johan Supriyanto, S.Kom. - Juli 27, 2024

Kebanyakan orang masih menghadapi kesulitan dalam mengatur keuangan mereka. Kurangnya kesadaran dan pemahaman tentang mengatur keuangan yang baik dapat menyebabkan kebiasaan yang buruk seperti boros, konsumtif, dan impulsif terhadap sesuatu. Untuk itu penting mempelajari cara mengatur keuangan agar tidak boros.

Cara Mengatur Keuangan Agar Tidak Boros

Keuangan merupakan hal yang sangat penting untuk diperhatikan, terutama ketika membicarakan tentang kehidupan rumah tangga. Dalam kehidupan sehari-hari, pasti terdapat berbagai kebutuhan yang harus dipenuhi, oleh karena itu, pengaturan keuangan yang baik sangatlah diperlukan. Terdapat berbagai cara yang efektif untuk mengatur keuangan yang bisa dijadikan acuan. Apa sajakah itu? Mari simak pembahasannya dengan seksama.

Cara Mengatur Keuangan Agar Tidak Boros

Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk mengatur keuangan agar tidak terjadi pemborosan. Nah, berikut ini adalah beberapa cara yang dapat anda coba lakukan:

1. Membuat anggaran keuangan

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah dengan membuat anggaran keuangan terlebih dahulu, baik itu mingguan maupun bulanan. Dengan cara ini, Anda bisa mengontrol pengeluaran Anda dengan lebih efektif dan mencegah membelanjakan uang untuk hal hal yang tidak perlu (pemborosan). Dengan demikian, Anda akan bisa terhindar dari hidup yang boros dan akan lebih bisa menyimpan uang dengan baik.

2. Hindarilah berhutang

Untuk menjaga keuangan tetap aman, sebaiknya hindari berhutang. Namun, jika sudah terlanjur berutang, kelola utang dengan bijak dan buatlah rencana untuk pembayaran sejak awal agar bisa keluar dari jeratan hutang yang memberatkan. Jika memungkinkan, segera lunasilah hutang tersebut supaya tidak menimbulkan beban pikiran.

3. Miliki darurat

Penting untuk memiliki dana darurat yang dapat digunakan untuk keperluan tak terduga, seperti biaya medis, musibah, PHK, kebangkrutan, dan lainnya yang dapat menimbulkan beban keuangan. Oleh karena itu, sebaiknya dana tersebut disimpan dalam bentuk instrumen investasi dengan risiko rendah, misalnya seperti deposito.

4. Membiasakan menabung

Mulailah membiasakan diri untuk menabung dan mengurangi pengeluaran. Rencanakan anggaran keuangan untuk memprioritaskan kebutuhan pokok terlebih dahulu sebelum menyisihkan uang untuk ditabung. Anda bisa mulai menerapkan metode 50-30-20, maksudnya yaitu 50% untuk kebutuhan pokok, 30% untuk keinginan pribadi dan 20% untuk menabung atau investasi. Dengan bagitu Anda bisa lebih mudah dalam mengelola keuangan Anda.

5. Mulailah berinvestasi

Cobalah untuk memulai berinvestasi dengan menempatkan dana Anda di berbagai instrumen investasi. Ada berbagai instrument investasi yang bisa anda cobba beberapa diantaranya seperti saham, kripto, obligasi, atau yang lainnya. Dengan cara berinvestasi, keuangan Anda di masa mendatang akan lebih terjamin dan Anda dapat terhindar dari berbagai masalah keuangan.

Itulah beberapa cara mengatur keuangan agar tidak boros yang bisa Anda coba terapkan. Semoga beberapa cara yang telah kami bagikan dalam postingan ini dapat bermanfaat.

Silahkan tuliskan komentar anda sesuai dengan topik pada postingan ini.
Buka Komentar
Tutup Komentar