Uang Repair (1)

repair uang kuno

Pembahasan kali ini yaitu meningkat ke topic yang begitu menarik yaitu perbaikan pada uang kertas (repair).

Coba lihat lembaran uang di bawah ini, ORI 100 Rupiah tembakau tanda tangan Hatta. Terlihat tidak bermasalah. Kertas kaku, warna terang, sedikit tropis, kotor berupa bercak kehitaman di tepi kiri atas, lipatan di tengah, sudut kiri bawah dan sedikit sudut kiri atas. Nomor seri sesuai rumus. Untuk sementara uang ini terlihat asli, warna dan kertas tampak original tanpa ada tanda-tanda pernah dibersihkan.

Coba perhatikan dengan lebih teliti lagi, Apakah benar uang ini original tanpa manipulasi? Coba lihat lebih teliti di sudut kiri bawah.

Kita perbesar gambar:

Apakah benar uang ini original tanpa manipulasi

Terlihat keanehan dibagian tersebut.
Sepintas kertas tersebut tampak berbeda warna, dan jika diteliti dengan lebih seksama perbedaannya menjadi semakin jelas. Apalagi jika diterangi oelh cahaya.

uang manipulasi terlihat Sudut pada uang tersebut tampak berbeda

Sudut pada uang tersebut tampak berbeda, dan berwarna lebih gelap dibandingkan daerah sekitarnya. Apa yang menyebabkan hal tersebut?

Bagaimana apabila diteliti lebih lanjut bentuknya menggunakan lampu ultraviolet (UV).

uang manipulasi ketika disorot sinar uv

Ternyata setelah disinari dengan lampu UV terlihat jelas bahwa bagian tersebut bukan merupakan bagian asli dari uang. Bagian tersebut merupakan tambahan atau bisa disebut tambalan yang dikerjakan dengan sangat baik. di bagian atas uang juga terdapat bercak kehitaman memanjang ke bawah sekitar 1 cm. Ternyata setelah diteliti dengan lampu UV dan kaca pembesar terlihat bahwa bagian tersebut sebenarnya berupa robekan yang telah ditambal.

Kemudian lipatan pada bagian tengah uang telah dilakukan proses penekanan yang dapat menyamarkan lipatan.

Hasil pengamatan yang teliti yang telah dilakukan menghasilkan kesimpulan bahwa uang ini adalah :
1. Dilakukannya proses perbaikan (repaired) di sudut kiri bawah yang berupa penambalan dengan menggunakan kertas yang bukan bagian dari uang tersebut.
2. Adanya proses perbaikan (repaired) di bagian tepi kiri atas berupa pelekatan robekan yang memanjang ke bawah sekitar 1 cm.
3. Adanya proses penekanan (pressed) pada lipatan-lipatan yang ada sehingga samar dan kertas menjadi tampak rapi serta kaku.

Jadi uang tersebut bukan merupakan uang original sebagaimana dugaan sebelumnya, penuh dengan perbaikan berupa tambalan dan lain sebagainya.

Seharusnya keterangan lengkap dari uang ini adalah :
ORI 100 tembakau (1948) tt Hatta, kertas kaku, warna terang, lipat di beberapa bagian (tengah, sudut kiri atas dan bawah) yang telah di press. Repaired berupa penambalan pada bagian sudut kiri bawah serta tepi kiri atas.

Namun apabila diberikan keterangan seperti di atas, apakah masih ada kolektor yang berminat untuk membelinya? Bukannya perbaikan mempunyai tujuan untuk menaikkan harga jual? Jangankan ORI yang relatif lebih mudah ditemukan, wayang 100 gulden yang telah di repair tetap tidak terjual walaupun di obral habis-habisan..

Terus tingkatkan ketelitian anda, belajar dan latih secara terus menerus. Jangn sampai anda telah membeli baru menyesal.

Mudah-mudahan keterangan Repair dari penjelasan diatas memberikan pencerahan dan berguna bagi kita semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *