Uang kuno Seri Wayang 5 Gulden

Siapakah karakter wayang yang ditampilkan pada nominalĀ Uang kuno Seri Wayang 5 Gulden ?

Uang kuno Seri Wayang 5 Gulden
Uang seri wayang di rancang oleh seorang seniman terkenal berasal belanda yang bernama CA Lion Cachet. CA Lion Cachet juga meracang uang-uang Gulden Nederlansch Bank. Ketika merancang dan menggambar uang kertas tentunya Lion Cachet sudah meneliti dan memilih tokoh wayang yang cocok untuk ditampilkan di uang kertas.

Tentunya tokoh wayang tersebut bukanlah rekkayasa dan harus tokoh yang dikenal oleh masyarakat pengguna uang tersebut.

Lalu Siapakah tokoh yang ada dalam uang kuno seri wayang 5 gulden?

Berdasarkan pendapat David Irvine (2005: 139), secara garis besar wayang bisa dibedakan menurut ukuran, bentuk, warna, dan busana yang dikenakannya. Supaya mengetahui perbedaan lebih lanjut bisa dilihat pada bentuk karakteristik muka, aksesoris yang dipakai, serta bentuk tangan. Karakterisitik tersebut bisa digunakan sebagai acuan bahwa tiap karakter mempunyai ciri khas yang bisa dikenali dan yang membedakan dengan karakter wayang yang lain.

Uang kuno Seri Wayang 5 Gulden
Dari ciri-ciri yang ditampilkan berikut inilah karakter tokoh wayang bisa diketahui:

  • Mengenakan sanggul yang mirip ekor kadal.
  • Sanggul memakai perhiasan garuda yang menghadap kebelakang.
  • Warna kulit kehitaman.
  • Kalung yang dipakai yaitu kalung putera atau kalung berbentuk bulan sabit.
  • Bentuk wajah agak sedikit mendongak dengan mata jaitan/ agak sipit mirip benang jahit (merupakan tokoh wayang yang baik). Lain halnya dengan wayang yang mata telengan yang bulat besar (seperti kelereng) seperti pada tokoh ksatria atau tokoh raksasa.
Uang kuno Seri Wayang 5 Gulden

Wayang kulit Raden Samba

Berdasarkan ciri-ciri diatas maka bisa dipastikan bahwa tokoh wayang tersebut yaitu: RADEN SAMBA.

Uang kuno Seri Wayang 5 Gulden

Foto asli wayang orang tahun 1930an yang menggambarkan Raden Samba
Mirip kan?

Tokoh wayang Raden Samba biasanya disebut Wisnubrata merupakan seorang tokoh yang berwatak galak, pintar bicara, cerdik, bersuara nyaring, agak pengecut, sombong, seenaknya sendiri. Raden samba adalah anak kesayangan Raja Dwarawati yaitu Prabu Kresna dengan permaisuri Dewi Jembarawati. Pada saat lahir Raden samba berwujud seekor kera karena sebenarnya kakeknya Resi Jembawan adalah seekor kera. Oleh sebab itu tidak heran jika samba mempunyai kulit kehitaman dengan wajah agak monyong. Meskipun demikian raden samba digambarkan mempunyai wajah yang sangat tampan. Raden Samba juga mempunyai banyak saudara, salah satu adiknya ada yang berbulu dan berekor, ini merupakan warisan kakeknya yaitu Gunadewa.

Berdasarkan cerita pewayangan Raden Samba tidak mempunyai kesaktian, seperti nominal uang kertas yang terdapat gambarnya yang ‘hanya bernominal’ 5 Gulden yang biasa-biasa saja. Namun raden samba mempunyai kelebihan yaitu pandai berbicara sehingga dapat dengan mudah untuk memikat banyak wanita, mirip juga dengan nominal uang yang yang terdapat gambarnya yaitu banyak dipakai dan dicari banyak orang (bagi orang biasa nominal 5 Gulden waktu itu nilainya cukup besar, apalagi berbentuk kertas yang lebih gampang disimpan daripada uang logam sen yang cukup berat).

Berdasarkan cerita di atas dapat diketahui bahwa raden Samba merupakan tokoh biasa, karena ketampanan dan keahliannya berbicara membuat banyak wanita, meskipun tidak mempunyai kesaktian jangan meremehkannya apalagi membunuhnya karena dibelakangnya terdapat kekuatan super sang ayah yang jika perlu dapat menghidupkan kembali sang anak. Ini terbukti dengan munculnya wajah sang ayah dalam nominal yang lebih besar.

Itulah sedikit ceritanya dan kenapa Lion Cachet memilih tokoh Raden Samba sebagai wakil dari nominal 5 Gulden sangat mungkin karena Nominal ini seperti karakter Raden Samba:

uang kuno Seri wayang 5 Gulden

Nominal 5 Gulden merupakan nominal kecil yang biasa-biasa saja, tidak ada kesaktian namun banyak orang yang menyukainya. Meskipun hanya nominal kecil, tapi jangan meremehkannya karena dibelakangnya ada beking sang ayah (dalam hal ini mungkin De Javasche Bank atau nominal-nominal yang lebih besar) yang mempunyai kesaktian luar biasa yang siap membela dan bertempur dengan siapa pun yang mengganggu ketentraman sang putra.

Sumber:

Demikian penjelasan yang dapat saya sampaikan tentang Uang kuno seri Wayang 5 Gulden.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *