Seri pemandangan alam tahun 1951 dan 1953

Uang Kuno Seri Pemandangan Alam

Seri pemandangan alam tahun 1951 dan 1953

gambar depan seri pemandangan alam

Seri pemandangan alam tahun 1951 dan 1953


2 1/2 rupiah tahun 1951 dan 1953 gambar belakang seri pemandangan alam

Uang seri pemandangan alam merupakan seri yang di keluarkan setelah seri RIS tahun 1950. Seri Pemandangan alam baik yang pertama ataupun yang kedua terdiri dari dua macam nominal yaitu nominal 1 rupiah dan 2 ½ rupiah. Kenapa bisa disebut pemandangan 1 dan pemandangan 2? Karena seri pemandangan alam ini di keluarkan pada 2 tahun yang berbeda yaitu yang pertama pada tahun 1951 dan yang ke dua tahun 1953 dengan gambar yang sama dan sama-sama dicetak oleh Security Banknote Company. Yang membedakan dari kedua seri tersebut hanya tanda tangannya. Pada seri yang pertama tahun 1951 ditandatangani oleh Mr. Sjafrudin Prawiranegara dan untuk yang ke kedua tahun 1953 ditanda tangani oleh Drs. Soemitro Djojohadikoesoemo.

Seri pemandangan alam yang ke 2 lebih sukar untuk ditemukan di bandingkan dengan seri pamandangan alam yang pertama. Kenapa demikian? karena masa edar seri yang ke 2 lebih singkat, sehingga harganya lebih mahal jika dibandingkan dengan yang pertama. Para kolektor pemula rasanya tidak akan mengalami kesulitan untuk melengkapi seri ini karena semua nominal seri pemandangan alam cukup mudah ditemukan bahkan untuk kondisi yang UNC nya. Selain bentuk yang umum terdapat juga bentuk yang tidak lazim ini sangat langka dan tentunya bernilai sangat tinggi.

Seri pemandangan alam tahun 1951 dan 1953
Seri pemandangan alam I jenis proof, coba anda perhatikan perbedaannya jika dibandingkan dengan jenis uang yang umum beredar antara lain pada jenis proof tulisan 1 dan 2,5 agak lebih besar disbanding dengan yang beredar, selain itu di bagian bawah terdapat juga tulisan Security Banknote Company, pada sisi kanan nominal 1 rupiah terdapat burung garuda dan gambar pohon kelapa yang berbeda.

Seri pemandangan alam tahun 1951 dan 1953

Jenis specimen nominal 2,5 rupiah tahun 1951

Seri pemandangan alam tahun 1951 dan 1953

Bentuk uncut 1 rupiah tahun 1953

Dari penjelasan di atas dapat di amil Kesimpulan seri pemandangan alam I dan II:

  • Mudah di temukan bahkan untuk kondisi UNC.
  • Harga relatif murah.
  • Ada juga jenis yang tidak umum/ tidak lazim yaitu jenis proof, specimen, uncrut dan lain-lain.

Uang Kuno Seri Pemandangan Alam

*Uang Kuno Indonesia*

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *