Uang Kuno Seri Dai Nippon Teikoku Seihu Tahun 1943

Uang Kuno Seri Dai Nippon Teikoku Seihu Tahun 1943Uang Kuno Seri Dai Nippon Teikoku Seihu atau disebut dengan Seri Imperial Japanese Government merupakan seri uang pertama yang memakai satuan ROEPIAH. Uang Seri Dai Nippon Teikoki Seihu ini menggantikan seri yang sebelumnya masih memakai satuan GULDEN. Pada Seri Dai Nippon Teikoku Seihu ini tidak mempunyai pengaman seperti pada seri-seri sebelumnya. Seri Dai Nippon Teikoku Seihu ini hanya terdiri dari 5 pecahan saja, berikut ini penjelasan tiap-tiap pecahan tersebut.

Pecahan 1/2 ROEPIAH

Pada bagian depan terdapat gambar naga dengan nomor seri yang hanya terdiri dari 2 huruf yaitu SP berwarna merah.Memang ada juga yang ditemukan dalam bentuk variasi lain yang tanpa huruf, namun kemungkinan itu merupakan uang yang unfinished mengingat sangking banyaknya uang yang dijarah ketika jepang menyerah.

Pecahan 1 ROEPIAH

Pada bagian depan bergambar petani dan dan pada bagian belakang bergambar pohon beringin. Nomor seri pada pecahan 1 roepiah ini terdiri dari 2 huruf yaitu SN. Untuk variasi yang tanpa huruf juga diperkirakan merupakan variasi uang unfinished.

Pecahan 5 ROEPIAH

Pada nominal 5 roepiah di bagian depan bergambar adat Minangkabau dan di bagian belakang bergambar seorang wanita yang mengenakan pakaian adat Minangkabau. Bernomor seri SM. Sedangkan variasi yang tanpa huruf juga ditemukan yang diduga merupakan uang unfinished. Untuk pecahan 5 Roepiah ini sangat sulit ditemukan dalam kondisi yang UNC.

Pecahan 10 ROEPIAH

Di bagian depan pecahan 10 Roepiah ini bergambar Gatotkaca dan di bagian belakangnya bergambar patung Budha. Bernomor Seri SL warna merah. Ada juga variasi yang tanpa nomor seri. Uang ini lebih mudah ditemukan daripada yang nominal 5 roepiah.

Pecahan 100 ROEPIAH

Seri Dai Nippon Teikoku Seihu ini tidak seperti pada seri lainnya yang mempunyai pecahan 25 dan 50. Pada Seri Dai Nippon Teikoku Seihu ini langsung setelah pecahan 10 langsung melompat ke pecahan 100 Roepiah. Pada bagian depan uang ini terdapat gambar patung Wisnu di atas Garuda Wisnu Kencana) dengan pola batik pada bagian sisi kiri. Di bagian belakang uang ini terdapat gambar wayang Arjuna. Nomor seri uang 100 Roepiah ini yaitu SK berwarna merah. Ditemukan juga dalam bentuk variasi tanpa huruf. Uang pecahan ini banyak ditemukan dlama kondisi yang kurang baik.

VARIASI LAIN SERI DAI NIPPON TEIKOKU SEIHU :

SPECIMEN

Pada seri ini ditemukan juga dlam bentuk yang tertuliskan SPECIMEN berwarna merah yang melintang pada bagiani depan dan belakang. Semua pecahan pada seri ini terdapat variasi specimen. Untuk tingkat kelangkaan variasi Specimen lebih langka dari yang biasa sehingga harganya lebih mahal. Namun banyak diantara kolektor yang meragukan variasi ini.

PROOF

Pada seri ini semua pecahan memiliki variasi proof. Untuk bentuknya juga beraneka ragam:

Hanya tercetak di satu sisi

Uncut unfinished proof

Unfinished proof

Untuk variasi tanpa huruf diperkirakan variasi proof. Perhatikan marginnya, yang tidak rata dimungkinkan dari potoangan uncut.

Kesimpulan

Uang Kuno Seri Dai Nippon Teikoku Seihu Tahun 1943

Semua pecahan Seri Dai Nippon Teikoku Seihu relatif mudah untuk ditemukan, apalagi kalau dalam kondisi yang biasa. Untuk kondisi prima mulai lebih sulit ditemukan. Seorang Kolektor tidak begitu sulit dalam mengumpulkan seri ini. Untuk variasi yang tanpa huruf yang diperkirakan merupakan uang unfinished termasuk cukup sulit untuk ditemukan sehingga nilai jualnya lebih tinggi. Untuk variasi proof dapat ditemukan dalam bentuk bermacam-macam (uncut, unfinished, satu sisi dan lain-lain). Karena dalam Seri Dai Nippon Teikoku Seihu ini tidak terdapat pengaman, maka bisa juga ditemukan versi palsunya. (Baca juga artikel tentang: Uang Kuno Asli dan palsu ???). Sumber :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *